Browser Chrome Tidak dapat dibuka

, , No Comments

Permasalahan browser chrome 

1. Chrome tertutup sendiri saat dibuka

Sangat menjengkelkan bukan jika tiba tiba google chrome anda tertutup sendiri seperti kejadian yang tengah menimpa Max Jimi kemarin, kemudian ketika akan dibuka kembali ternyata tidak mau terbuka, di klik berkali kali juga tetap no response.

chrome

Kasus ini saya temukan ketika saya baru menginstal google chrome dari file lama, Kemungkinan pada saat pertama tampil saya tidak terlalu menghiraukan beberapa notification seperti :
1. Masuk ke Akun Google terlebih dahulu.
2. Perintah update chrome.
3. Atau karena di instal dari file lama, ada beberapa file yang corrupt (mungkin).

Saya coba cari solusi searching ke google, masih juga belum ada cara yang dapat menyelesaikan masalah tersebut, akhirnya saya coba memperbaiki sendiri (coba-coba)

2. Chrome tidak dapat di Uninstal

Pertama tanpa sengaja saat ingin melakukan Uninstall Google Chrome yang bermasalah tersebut, ada notification/pemberitahuan bahwa sebelum melakukan uninstall, terlebih dahulu harus menutup web browser chrome yang masih terbuka. Walah bingung kan, padahal dari tadi klik klak icon nya ga keluar halamannya.

Ya udah kalau begitu, dari pengalaman saya yang sering membuka task manager (tekan bersamaan Ctrl-Alt-Delt) jadi tahu, disanalah cara melihat file apa sajakah yang sedang diproses oleh system komputer kita. Nah setelah dibuka task managernya ternyata memang ada beberapa chrome aktif yang sedang asyik bermain-main alias sedang melakukan eksekusi diam-diam.

task manager

tidak menunggu lama-lama saya langsung memaksa menghentikan kegiatan mereka dengan mensortir semua baris yang bertuliskan chrome.exe*32 dan kemudian menekan "end process"

end process


Setelah yakin hilang dari peredaran, yang tadinya mau melakukan Uninstall eh karena penasaran malah pengen coba melanjutkan menggunakannya. Keluar dari task manager langsung ke Desktop untuk mencari icon Browser Google Chrome yang masih setia berbaris. Dan Tadaaaa... Bisa.

Setelah terbuka saya mencoba mencari tahu sebenarnya apa yang menyebabkan chrome saya tidak bisa dibuka, dan ternyata memang ada beberapa setting dari browser yang rusak :

Chrome detected that some of your browser settings were corrupted by another program and reset them to their original defaults

Setelah mengetahui masalahnya ada baiknya dikembalikan kesemula (reset).


Cara reset Chrome : 


Buka Setting Chrome klik icon garis tiga di sebelah kanan atas seperti gambar berikut 


Setelah jendela setting terbuka gerakkkan mouse pada bagian paling bawah daftar setting dan klik Show Advance Setting ....untuk melanjutkan fungsi lainnya.



Kemudian posisikan mouse anda ke posisi paling akhir dari daftar setting maka akan ada tombol Reset Setting, kemuadian klik dan coba kembali browser chrome anda.



0 komentar:

Posting Komentar