Membuat Satu Charger untuk Banyak hape (Power Charger Terminal)

, , No Comments

Charger hape Cepat Rusak 

Charger hape yang sudah rusak mempersulit aktifitas sehari-hari apalagi jika anda orang yang aktifitasnya tinggi dan bekerja selalu menggunakan hape, Sedangkan jika di rumah anda harus bergantian dengan sesama menggunakan charger hape. Charger HP dengan harga murah  dan bekualitas rendah biasanya cepat rusak namun pada umumnya karena kerusakan konektor kabel USB. Biasanya konektor charger hape cepat mengalami kerusakan disebabkan seringnya digunakan berlebihan, charging sambil memainkan hape, bahkan suka tidur sambil memegang hape yang mengakibatkan kabel usb atau kabel charger mengalami perlakuan kasar tanpa kita sadari, Kebiasaan tersebut biasanya membuat kabel charger cepat mengalami kerusakan karena tertindih badan atau terbelit-belit selama kita tidur, sama halnya ketika dicharge sambil digunakan membuat kabel bergoyang/bergerak atau ditarik-tarik.

Anda tentu pernah melihat di ruang tunggu penumpang, contoh di bandara atau dihalte tertutup bus antar kota, disana banyak ditemukan terminal charger hape bagi penumpang. Namun terminal charger tersebut hanya menyediakan stop contact listrik bukan charger langsung bukan?. Nah ada sedikit ide bagaimana jika terminal charger tersebut kita buat sendiri untuk di rumah namun yang ini anda hanya tinggal menyediakan kabel usb (kabel chargernya saja).

Cara membuat terminal charger hape 

Saat ini sudah banyak usb terminal atau USB Hub dijual ditoko-toko komputer, jenisnya macam-macam dan sangat unik menarik, USB Hub ini fungsinya dapat manjadi charger HP dengan memanfaatkan tegangan +5v yang terdapat pada pin usb tersebut sekaligus sebagai transfer data. Namun ada yang khusus untuk charger Hape saja seperti contoh gambar berikut :

USB Charger
Usab Charger

Charger Hape menggunakan Power Supply Komputer bekas 

Dibuat menggunakan PSU Komputer seperti ini :
cara jumper PSU Komputer untuk charger hape
Instalasi dan Jumpering 
Siapkan PSU PC bekas namun masih bisa digunakan terutama tegangan +5V nya harus masih aktif.
Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya di SINI agar Power supply dapat bekerja kita harus melakukan dan membuat beberapa jumper yaitu jumper kabel warna abu-abu (Grey) dengan kabel merah (red), jumper ini dimaksudkan agar PSU dapat menyala continue. Jumper satunya adalah untuk menghidup matikan PSU (power ON) yaitu dengan membuat switch dari kabel Hitam (black) dan Hijau (green).

Agar PSU terlihat rapi tanpa kabel-kabel yang menyeruak diluar, buka PSU dan potong kabel-kabel berwarna tersebut hingga mendekati papan PCBnya atau lepas saja menggunakan solder. Antisipasi pada kabel dengan warna Biru, Orange, Kuning, violet pink, maupun abu-abu sisakan seukuran 3 cm dan dibiarkan tegak berdiri didalam chasing PSU. untuk kabel warna abu-abu kupas ujung kabelnya sedikit untuk di satukan dengan kabel merah (+5V) dan kabel Hijau disambung ke Switch PSU bersama kabel hitam (gnd).

Sisakan kabel merah dan kabel hitam untuk supply ke kabel usb, dapat disambung didalam chasing atau bisa juga dikeluarkan saja baru kemudian di lakukan sambungan di luar chasing. Dengan charger hape seperti gambar di bawah ini anda tidak perlu khawatir chargernya akan menjadi panas, namun yang perlu anda perhatikan adalah dengan mengganti kabel bawaan usb hub ini dengan kabel berukuran sedang sehingga charger ini dapat digunakan untuk banyak hape sekaligus.

0 komentar:

Posting Komentar