Membuat Speaker Aktif menggunakan tegangan 5V USB

, , No Comments
Ternyata tidak terlalu sulit jika kita ingin melakukan ekperimen dengan memanfaatkan tegangan 5VDC dari output USB port yang ada di PC atau Laptop. Hal ini sudah kita bahas dalam artikel yang lalu (di sini). Tidak abdol jika yang akan kita buat tidak dilengkapi dengan sebuah rangkaian pembuatan Speaker Aktif bertegangan 5V DC.

Berikut adalah gambar rangkaian Speaker Aktif yang sudah jadi dan siap untuk dirakit menggunakan peralatan kerja seperti Solder, Papan Sirkuit, Kabel-kabel, tang potong dan lainnya yang dibutuhkan. Sebagaimana yang sudah sama-sama kita pelajari maka saya anjurkan anda untuk membuat sendiri PCB dengan menggunakan PCB polos dan berkreasi dengan cairan FeCI3 atau H3 (gunakan sarung tangan). Untuk dapat merakit atau menggambar PCB anda bisa mencoba terlebih dahulu dari contoh rangkaian sederhana.  Lalu anda dapat mencoba menerapkan pada rangkaian berikut ini :

Rangkaian Speaker Aktif 5V DC

Komponen yang diperlukan : 

Condensator : 
C1 : 100Uf/10V
C2,C3,C4,C8,C10 : 100n
C5,C6, C7,C9 : 100Uf/25V
Resistor :
R1 : 1 ohm
R2,R3 : 47K ohm
R4 : 680 ohm
R5,R6 : 4,7 ohm
Integrated Circuit (IC) : TDA2822M
Variable Resistor (VR)4,7K ohm x 2 (stereo)
LED indikator : 1 
Switch Power : 1
Speaker : 4ohm/1Watt x2 

Karena rangkaian diatas adalah sebuah penguat suara jenis stereo maka gunakan jack audio doble input (jack audio stereo) harap diperhatikan cata pemasangannya terutama pada CT atau Grounded nya. Sedangkan untuk konektor USB anda dapat mencari referensi pemasangan kabel tegangannya nya di mbah google atau anda dapat mempelajarinya sebagaimana gambar di bawah ini:


0 komentar:

Posting Komentar